Wednesday 8 April 2015

Pasar Tanjung Limau


Bontang. Jika anda masyarakat Bontang yang gemar makan ikan, pasti sudah tidak asing lagi dengan pasar ikan Tanjung Limau. Pasar yang terletak dikelurahan Gunung Elai Bontang Utara ini, memang sedikit berbeda dengan pasar lain yang ada di Kota Bontang.
Karena mayoritas pedagang menjual beragam jenis ikan laut mulai dari tongkol, bawis, kakap, ketamba, kerapu, dan beragam jenis seafood lainnya. Sehingga bisa dikatakan pasar ikan Tanjung Limau merupakan surganya para pecinta seafood dari beragam jenis.
Harga yang di tawarkan cukup terjangkau dan bervariasi dengan kualitas yang masih segar. Menurut sejumlah pedagang, maksimal ikan yang dijual disimpan selama 2 hari hingga akhirnya di jemur menjadi ikan kering untuk kemudian kembali dijual.
“kami hanya simpan paling lama 2 hari, kalu nggak laku ya dijemur jadi ikan kering. Baru dijual lagi,” jelas Farida salah seorang penjual ikan pasar Tanjung Limau.
Kelebihan lainnya yang ditawarkan di pasar ikan ini, keseluruhan pedagang juga melakukan pelayanan membersihkan ikan, yang pasti tidak di sediakan di pasar lain dikota Bontang.
“yang beli ikan dan minta dibersihkan,langsung kami bersihkan dan potong, jadi dirumah nggak repot,” tambah Farida.
Meski begitu, walau keberadaan pasar ini tersohor ke seluruh penjuru Kota Bontang, tidak serta merta membuat para pedagangnya banjir keuntungan. Tingginya persaingan antar terkadang membuat sebagaian pedagang kesulitan menawarkan jenis ikan yang dijual.
“ agak susah laku kalau ikannya nggak berkualitas, pedagang semalin banyak dan persaingan semakin tinggi,” terang Fatma, salah satu pedagang lainnya di Pasar Tanjung Limau.
Walau tingkat konsumerisme masyarakat Bontang akan ikan laut menjadi lahan yang menjanjikan bagi para pelaku usaha, namun terbatasnya lahan dan kondisi pasar, menurut pedagang masih menjadi pekerjaan rumah Pemerintah guna lebih menumbuhkan geliat perekonomian dipasar ikan Tanjung Limau.
“semoga pak Wali bisa bangun pasar ikan permanen disini,” celoteh salah satu pedagang lainnya.
Jl. MulawarmanBontangKalimantan Timur, Indonesia

No comments:

Post a Comment

tambahkan komentar anda