Wednesday 8 April 2015

Bontang Kuala

Bontang Kuala merupakan perkampungan yang masyarakatnya berdomisili atau membangun rumah didasar air laut. Sarana jalan umum, jalan gang, atau jalan yang menghubungkan rumah satu dengan yang lainnya adalah jembatan yang terbuat dari kayu ulin/ besi. Jembatan ini kondisinya mampu dilewati oleh kendaraan roda dua atau roda empat. Mayoritas penduduk Bontang Kuala bermata pencaharian sebagai nelayan tradisional, selain itu ada pula yang berusaha sebagai pedagang, pengrajin tradisional, selain itu ada pula yang berusaha sebagai pedagang, pengrajin rumah tangga (home industry), swasta, buruh/ tukang bangunan dan pegawai negeri. Menurut riwayat sejarah desa tersebut merupakan perkampungan pertama yang ditemukan oleh Aji Pao kerabat Sultan dan kerajaan Kutai Kartanegara, dari sinilah cikal bakal berdirinya Kota Bontang yang saat ini yang sedang pesat-pesatnya membangun.
Bontang Kuala merupakan daerah wisata laut yang sangat menawan yang ramai dikunjungi wisatawan,  baik wisatawan dalam maupun luar negeri. Sore hari adalah waktu yang sangat tepat apabila anda ingin menikmati suasana pemandangan laut dengan bersantai sambil menikmati hidangan khas daerah ini. Terdapat pusat wisata kuliner yang terdiri dari restoran dan kafe dengan menu aneka masakan dan minuman khas seperti ikan bakar, kepiting, udang, cumi-cumi, pisang gapit, jajanan khas Bontang Kuala serta Sambal Gami. Restoran dan kafe berada di atas air dan mempunyai ciri khas masing-masing, contohnya terdapat kafe yang berbentuk kapal laut yang berada di atas air yang sangat menarik untuk dikunjungi. Di Bontang Kuala para pengunjung dimanjakan dengan pemandangan alam terbuka dan similir angin dari arah laut serta dapat menikmati keindahan sunset.
Bontang Kuala juga merupakan kawasan yang memberikan keseimbangan antara manusia dan keseimbangan alam seperti vegetasi hutan mangrove. Pada kawasan wisata ini anda akan disuguhkan pemandangan vegetasi mangrove sepanjang koridor jalan menuju permukiman nelayan Bontang Kuala serta di daerah pesisir pun keberadaan hutan mangrove dan permukiman penduduk berdampingan dalam pelestarian ekosistem dan keindahan kawasan pesisir Bontang Kuala. Pada setiap akhir tahun terdapat perayaan tradisi pesta laut yang menampilkan  beragam atraksi seni tari, budaya, olahraga air serta ritual budaya setempat. Selain itu Bontang Kuala merupakan sentra produksi terasi serta rumput laut dan ikan-ikan laut. Sehingga penduduk sekitar menjual hasil laut produksi mereka dengan menjual oleh-oleh khas Bontang Kuala seperti ikan kering berbagai jenis, terasi, udang kering, manisan, rumput laut dll.

LOKASI
Kota Bontang, Kalimantan Timur
- See more at: http://www.pariwisatakaltim.com/informasi/bontang-kuala#sthash.OBZ0W4MG.dpuf

No comments:

Post a Comment

tambahkan komentar anda