Friday, 1 May 2015

Perkampungan Terapung Bontang: Dari Laut Kami Makan, Di Laut Kami Hidup


Di mana tempat memberi hidup di situlah tempat paling cocok untuk ditinggali, bahkan di tengah laut sekalipun. Berangkat dengan tekad mencari nafkah, lebih dari dua puluh tahun lalu Pak Ido bersama ke empat temannya mengarungi Selat Makassar dan memutuskan tinggal di tengah Laut Bontang. “Kami tinggal di sini merantau mencari hidup, awalnya yang tinggal di sini hanya berempat saja,” kisah lelaki paruh baya asal Mamuju, Sulawesi Barat.

Berbekal papan dari kayu bakau, Pak Ido dan rekannya membangun rumah beratapkan rumbia. “Setelah ada uang sedikit-sedikit, barulah kami bisa membeli atap seng,” terang Ketua RT yang kini disebut Tihi-tihi. Kini, Tihi-tihi memiliki penduduk yang cukup banyak, yaitu sekitar 48 KK dengan 30 rumah kayu. “Penduduk di sini semakin banyak, selain keluarga juga masih banyak pendatang yang ikut tinggal di sini, tapi semuanya berasal dari Mamuju dan Bugis,” tambahnya.

Meski jarak Tihi-tihi dengan Pesisir Bontang tidak terlalu jauh, namun penduduk Tihi-tihi tidak berminat untuk tinggal di daratan. “Di daratan kami tidak punya kerjaan, karena matapencaharian dari laut. Karena laut yang memberi kami hidup, maka kami lebih suka tinggal di laut,” kata Pak Ashar yang juga salah satu pendiri perkampungan ini. “Di darat kami tidak punya tempat. Jangankan rumah, tanah sedikit saja harus beli.”

 Walau Laut Bontang termasuk tenang dan tidak berombak tinggi, namun penduduk yang bermukim di tengah laut tetap tak luput dari bahaya terjangan angin kencang. Kerusakan yang terjadi tentu tak bisa dielak, seperti rusaknya ata-atap rumah yang terhempas angin. “Dulu sempat 20 rumah rusak diterjang angin, tak hanya atap rumbia tapi atap seng pun tetap terlempar,” papar Pak Ido yang rumahnya tetap asli seperti 20 tahun lalu dan beratap rumbia.

Layaknya sebuah perkampungan di darat, perkampungan terapung ini telah memiliki fasilitas umum yang cukup lengkap, seperti jembatan yang terbuat dari kayu Ulin, sekolah dan juga masjid. Penampungan air tawar pun telah disediakan, umumnya berkat bantuan berbagai perusahaan maupun Pemerintah Kota Bontang. “Untuk air tawar, kami beli dari darat lalu ditampung bak besar. Masyarakat kalau mau pakai harus beli lagi perjerigen,” ungkap Pak Ido.

Menurut keduanya, awalnya seluruh penduduk Tihi-tihi mengandalkan hidup dari menangkap ikan. Tapi sekarang ikan sulit didapat, sehingga mereka beralih ke budidaya rumput laut. “Mencari ikan untuk makan sehari-hari saja,” tukas Pak Ashar dan Pak Ido yang mengharapkan bantuan penambahan tempat penjemuran rumput laut. “Kalau sedang panen, semua jembatan dan halaman rumah penuh dengan rumput laut sehingga sering terinjak-injak,” jelas keduanya.

Tihi-tihi hanyalah salah satu perkampungan terapung di Laut Bontang, perkampungan serupa kini mulai banyak ditemui dan letaknya menyebar tak jauh dari Pesisir Bontang, seperti Selamba, Melahi, dan Selangan. Dibanding Tihi-tihi, Selangan telah lebih dulu ada. “Selangan sudah ada sebelum Tihi-tihi, sudah ada sejak orang-orang tua yang sekarang sudah meninggal semua,” tutur Pak Refni yang termasuk pendatang di perkampungan ini.  

Yang berbeda dari Tihi-tihi, jumlah penduduk Selangan lebih sedikit dan berasal dari berbagai suku, meski sebagian besarnya berasal dari Suku Bajau. Selain nelayan dan budidaya rumput laut, penduduk Selangan lebih menggantungkan diri dari hasil Keramba Ikan Kerapu dan Baronang. “Hasil menangkap ikan dan rumput laut sangat kecil, jadi banyak yang beralih usaha,” lanjut Pak Refni yang mengaku cukup sering menerima tamu dari Bontang yang ingin menyantap ikan bakar.

Selangan memang telah ditetapkan sebagai lokasi Wisata Keramba, tak heran bila perkampungan terapung ini banyak menerima tamu yang datang berkunjung dan memesan ikan bakar. “Tak hanya ikan yang dari keramba, ikan dari laut pun akan kami carikan. Tapi harus beberapa hari sebelumnya, karena sekarang mencari ikan tidak gampang,” ucap pria 30-an tahun yang tetap bertahan tinggal di Selangan karena tidak kuat membeli tanah, “Lokasi di Bontang Kuala saja sekarang sudah mahal,” pungkasnya.
post by http://rahmimenulis.blogspot.com/2013/03/perkampungan-terapung-bontang-dari-laut.html

Taman Cibodas, Bontang


6092011
Selama ini saya hanya supir serep, yaitu hanya terpakai jika supir utama tidak di tempat. Berhubung si ayah banyak yg harus diurus, jadi daripada duo krucil bengong dihotel maka mau tak mau kemampuan mengemudi supir serep yg sangat meragukan terpaksa dipakai. Maklum selama ini hanya andal dan teruji dilingkungan komplek perumahan aja hehe.
Untungnya lalu lintas didalam komplek pabrik lumayan lengang dijam-jam kerja. Sehingga dengan terus berkata dalam hati, nyetir hanyalah masalah percaya diri, untuk meyakinkan diri sendiri, saya pun mengajak duo krucil ke taman bermain di daerah PC PKT. Namanya Taman Cibodas.
Setelah mewanti-wanti duo krucil agar anteng selama diperjalanan disertai lutut yg lemes gemetaran, akhirnya sampe juga di Taman Cibodas. Taman ini penuh dengan permainan anak, ada terowongan, jembatan gantung, ayunan, sliding/ perosotan, labirin, dsb. Ada patung dinosaurus besar jenis T-Rex yg kalo di film sering digambarkan kejam & ganas. Ada juga pesawat serta kapal kecil. Pokoknya khas taman bermain anak, walau katanya sih disini juga tempat camping atau dengan kata lain bumi perkemahannya Bontang.
Yang pasti sih duo krucil betah banget main disini walau nyamuknya lumayan agresive dan nakal bin mucil. Saat kami datang sih, yg pertama terlihat sampah dimana-mana. Menurut hasil pengamatan saya akan jenis sampahnya sih, kayaknya saat libur lebaran kemarin mungkin tempat ini jadi tujuan wisata keluarga di Bontang & sekitarnya. Saat itu dua truk sampah terlihat sedang membenahi sampah-sampah yang ada.
Untuk duo krucil sih, ini merupakan tujuan utama wisata ke Bontang, bermain di Taman…sehingga ketika diajak pulang, yang satu menangis sementara yang lain ngomel…”katanya boleh main sepuasnya”…duile masih belum puas ya sudah main 1 jam hehe.
pot by https://advanture.wordpress.com/2011/09/06/taman-cibodas/

Danau PC-VI PKT Bontang


Danau PC-VI PKT Bontang
Lagi main ke kota Bontang terus bingung mau ngapain aja? Sama. Saya juga bingung. Haha. Jadinya saya coba deh keliling-keliling ke berbagai tempat buat jalan-jalan. Kali ini saya ngebahas Danau PC-VI PKT di kompleks perumahan PC-VI Pupuk Kaltim. Area yang sejuk dan asri membuat saya yang sudah bertahun-tahun merantau di Surabaya jadi kangen dengan tempat ini.

Danau PC-VI PKT Bontang
Suasananya sepi jadi pas lah buat merenung (halah). Selain danau ada juga rumah panggung yang biasa digunakan untuk kumpul-kumpul atau acara makan-makan. Bahkan beberapa yang lalu rumah panggung ini sempat masuk TV karena dipakai untuk acara Makan Besar di Trans7. Jarang-jarang nih kota ini masuk TV. Haha.

Danau PC-VI PKT Bontang
Lalu yang punya anak kecil bisa tuh ajak anaknya main-main ke tempat ini karena ada taman bermainnya juga. Jadi buat teman-teman yang udah nikah dan punya anak tapi pingin pacaran lagi (sama istri/suaminya loh) bisa tuh kesini. Tar orang tuanya jalan-jalan berduaan keliling danau, anaknya bisa di tinggal sendirian di taman bermain. Muhahaha.Tapi ingat ya kalau ke tempat ini jangan ngelakuin yang aneh-aneh (aneh-aneh apa hayo??)). Karena tempatnya yang sepi terutama di hari-hari kerja biasanya para remaja yang memiliki hasrat bergelora sepenuh jiwa memanfaatkan tempat sepi ini untuk aneh-aneh. Lalu? Bersiap-siaplah digrebek SATPAM KOMPLEKS. Jadi berhati-hatilah buat yang suka aneh-aneh di tempat sepi. Buahaha.
Danau PC-VI PKT Bontang
Kalau ingin berkunjung ke tempat ini datang aja ke jalan Catelya / Dahlia Kompleks Perumahan PC-VI PKT Bontang. Lokasinya tepat di pinggir jalan kok.

post by jalansambiljajan.blogspot.com

Selangan - Kampung Ujung Laut dan Terapung Bontang

Salah satu Wisata Bontang yang terkenal adalah Selangan - Kampung Ujung Laut dan Terapung, yang merupakan salah satu desa yang terletak di selatan Kota Taman, tepatnya di tengah-tengah laut selat makasar. Selangan dikenal sebagai desa wisata keramba dan pembudidaya rumput laut

Anda tertarik untuk kunjungi Wisata Bontang ini? Anda bisa ke selangan melalui pelabuhan tanjung laut maupun pelabuhan tanjung limau.


Kota Bontang yang kini dipadati oleh pendatang terutama Suku Bajau dari Sulawesi memutuskan untuk menetap di lautan dangkal Bontang. Sumber pencaharian utama mereka ada di laut, sebagian besar masyarakatnya menggantungkan diri tak hanya dengan mencari ikan, tapi juga dengan melakukan budidaya rumput laut.

Selangan - Kampung Terapung di Kota Bontang by http://rahmimenulis.blogspot.com

Wednesday, 8 April 2015

Daftar Alamat Rumah Makan/Restoran di Kota Bontang

NONAMA RUMAH MAKANALAMATTELP./ HP.JENIS MASAKAN
1RM. SINAR PADANGJL. RE. MARTADINATA(0548) 41910PADANG
2RM. NURJL. RE. MARTADINATA(0548) 41910NASI CAMPUR
3RM. BAROKAH 2JL. SUDIRMAN81347608903IKAN BAKAR
4RM. BOJONEGOROJL. SUDIRMAN AYAM LALAPAN
5MELATIJL. MT. HARYONO(0548) 21498IKAN BAKAR
6RM. SINGGALANGJL. MT. HARYONO(0548) 26879PADANG
7RM. BALAI BADAJL. PUPUK RAYA81253132138PADANG
8RM. IKAN BAKAR BUYUNG (0548) 41232IKAN BAKAR
9RM. CAK ALI / SURABAYAH 2JL. MT. HARYONO(0548) 22565IKAN BAKAR
10AL-FATHJL. SUPRAPTO NASI CAMPUR
11BAKSO PUTRA SOLOJL. A. YANI BAKSO
12RM. ANDAJL. A. YANI(0548) 5116829NASI PECEL
13WARUNG BAROKAHJL. A. YANI8195413895NASI CAMPUR
14COTO MAKASSARJL. SUPRAPTO(0548) 28278COTO MAKASSAR
15RM. ADENGJL. PATTIMURA(0548) 30365603KHAS BTG KUALA
16CAFÉ KAPALJL. KEPT.P.TANDEAN(0548) 20236KHAS BTG KUALA
17RM. SALERO BUNDOJL. BHAYANGKARA(0548) 29784PADANG
18RM. INDAHJL. KEPT.P.TANDEAN(0548) 29996IKAN BAKAR
19CAFÉ BHE-KHAJL. KEPT.P.TANDEAN IKAN BAKAR
20RM. PURNAMAJL. BHAYANGKARA(0548) 24803PADANG
21RM. MINANGJL. A. YANI81346680667PADANG
22RM. ANAK MINANGJL. A. YANI81347608903PADANG
23RM. PRASAJAJL. SUPRAPTO IKAN BAKAR
24RM. BONTANGJL. A. YANI(0548) 3035695BUBUR AYAM
25RM. SIDOHARJOJL. A. YANI(0548) 3035896NASI CAMPUR
26RM. PRASAJA 2JL. R.SUPRAPTO(0548) 21597IKAN BAKAR
27RM. ANJUNGAN INDAHJL. KEPT.P.TANDEAN(0548) 26722IKAN BAKAR
28RM. AYU KEDIRIJL. BHAYANGKARA(0548) 26695PADANG
29RM. TANJUNG CAFÉJL. KEPT.P.TANDEAN(0548) 24908IKAN BAKAR
30RM. BERINGINJL. BHAYANGKARA(0548) 5124290PADANG
31RM. MAKAN CEMARAJL. BHAYANGKARA(0548) 28641PADANG
32RM. JUALIJL. BHAYANGKARA(0548) 20685PADANG
33CAFÉ MUTIARAJL. KEPT.P.TANDEAN(0548) 20014ANEKA JUS
34RM. MASAKAN PADANGJL. BHAYANGKARA(0548) 22901PADANG
35RM. PONDOK SELEROJL. BHAYANGKARA85751568434NASI CAMPUR
36RESTORAN BONTANG KURINGKOMPLEK PT.PUPUK LALAPAN
37RM. MINTO LAMONGANJL. AGUS SALIM IKAN BAKAR
38RESTAURAN BINTANG SINTUKJL. PUPUK RAYA SIPUT LAUT
39RESTOURAN ANDIKAJL. ANGKASA IKAN BAKAR



Kuliner Gammi Bawis Bontang kuala

Sobat setia corner, pernahkah kalian mendengar atau setidaknya tau dengan ikan bawis. untuk sekedar informasi ikan bawis adalah ikan air laut atau ikan yang hidup di perairan laut (air asin) dan uniknya ikan bawis ini hanya ditemukan diperairan laut yang letaknya dekat dengan kota bontang, jadi bila kalian ingin mencoba mencicipi rasa gurih ikan bawis ini, kalian dapat mengunjungi kota bontang. Tetapi mungkin bagi sebagian kalian sobat corner masih sedikit asing dengan kota bontang.

Baiklah saya jelaskan sedikit agar kalian mengetahui tetang kota ini, Bontang adalah kota yang terletak paling timur (ujung timur) di provinsi kalimantan timur, dengan luas wilayah sekitar 497 km2 kota ini dibagi menjadi 3 kabupaten kota (kecamatan) yaitu: kecamatan bontang selatan, kecamatan bontang utara, dan kecamatan bontang barat. Di dalam kota Bontang sendiri, terdapat 2 perusahaan besar dan perekonomian kota ini bertopang pada kedua perusahan yang menbuat kota ini dapat berkembang pesat dan maju, yaitu PT. Badak LNG dan PT. Pupuk Kaltim, yang mana mayoritas penduduknya berkerja pada kedua perusahaan tersebut dan memiliki rumah dinas dan fasilitas lengkap didalam kompleks perusahaan serta memiliki penjagaan keamanan yang ketat dan tidak sembarangan orang boleh masuk ke dalam kompleks perusahaan ataupun perumahan pada area kedua perusahaan tersebut, jadi untuk kalian atau bila sobat berkunjung ke kota bontang jangan heran bila terlihat sepi dan hanya dapat melihat sebagian masyarakat minoritas saja.

Berlajut sobat, pada hal yang saya ingin bagikan yaitu mengenai masakan yang khas pada kota bontangIkan Bawis Sambal Gami. Untuk sobat corner yang hobi makan dan gemar dengan hidangan ikan laut, tentu wajib mencoba memcicipi ikan bawis khas kota Bontang ini, apalagi dengan hidangan sambal gami yang membuat lidah anda bergoyang. kenapa lidah pasti bergoyang, karena sambal gami disajikan pada hotplate (keterangan: sebenarnya sih bukan hot plate seperti kita memakan hidangan steak, tetapi adalah cobek yang terbuat dari tanah liat dibakar atau dipanaskan dan kemudian sambal di tuangkan pada cobek berserta hidangan ikan lengkap dengan bumbu rempah-rempah masakan yang melimpah). untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

gambar ikan bawis sambal gami:


Untuk dapat menikmati hidangan ini tidak sulit, karena hampir semua restoran yang ada di kota bontang yang menjual hidangan laut pasti menyediakan menu ini. seperti pada daerah bontang koala atau pasar rawa indah yang teletak di tanjung laut. nah sobat corner, saya bekesempatan menyicipi hidangan ini di daerah pasar rawa indah, uniknya di sini sobat sebelum kalian membeli hidangan ini kalian boleh memilih ikan dan melakukan transaksi tawar menawar layaknya seperti dipasar. tetapi perlu di ketahui sobat restoran hanya buka pada malam hari baik di pasar rawa indah atau bontang kuala.

gambar bermacam-macam ikan laut yang ditawarkan:


Di pasar rawa indah ini terdapat banyak restoran yang menawarkan beragam aneka masakan hidangan ikan laut (seafood) seperti: ikan bawis, ikan baronang, ikan kakap merah, ikan kerapu, cumi-cumi, udang, kerang dan hidangan ikan laut lainnya. untuk pembelian disini hitungannya adalah porsi jadi bila sobat memilih lauk disini artinya kalian membelinya per porsi dan lengkap dengan lalapan dan juga sambal gami, kalian bisa request lauk yang kalian beli untuk dimasak sesuai pesanan seperti di bakar, digoreng dengan variasi bumbu kuning, bumbu merah, atau asam manis. tetapi untuk nasi dibeli terpisah. Harga hidangan tidak terlalu mahal yaitu untuk lauk antara harga 30 ribu rupiah sampai 70 ribu rupiah per porsi, untuk harga nasi adalah 10 ribu rupiah per bakul (untuk 2 orang), dan minuman seperti es teh 5ribu rupiah gelas kecil dan 10ribu rupiah gelas besar. ouw ada juga sayuran lain seperti cah kangkung, kuah bening, dan lainnya.

Taman Nasional Kutai


http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Taman Nasional Kutai (TNK) merupakn salah satu objek andalan Kabupaten Kutai Timur. TNK memiliki potensi kekayaan flora and fauna, termasuk diantaranya hewan and tumbuhan langka yg dilindungi, spt orang utan, bekantan, and berbagai anggrek hutan. Di Taman Nasional Kutai (TNK) ini terdapat berbagai tipe vegetasi utama spt hutan pantai, hutan mangrove, hutan rawa air tawar, hutan kerangas, and hutan campuran. Di kawasan ini juga terdapat perwakilan hutan ulin terluas di Indonesia. dgn potensi kekayaan sumber daya alamnya, Taman Nasional Kutai (TNK) menawarkan daya tarik alam baik untuk kegiatan pariwisata alam maupun penelitian and pendidikan

Taman Nasional Kutai (TNK) adalah hutan tropis dataran rendah di Kalimantan Timur. Taman Nasional Kutai (TNK) memiliki luas wilayah 198.629 hektar. Keanekaragaman hayati and vegetasinya menjadikan taman ini tempat tujuan menarik bagi masyarakat lokal begitu juga bagi para pecinta alam and peneliti dr berbagai negara. Saat ini, sekitar 900 jenis tanaman di taman ini telah diidentifikasi. Untuk pelajar setempat misalnya di Bontang and Sangatta, Taman Nasional Kutai (TNK) adalah fasilitas untuk belajar tentang alam. Dua lokasi di Taman Nasional Kutai (TNK) yg sering dikunjungi wisatawan adalah Sangkima and resor Prevab. Pengunjung akn dibebani biaya masuk sebesar Rp1, 500 untuk pengunjung lokal and Rp15, 000 untuk pengunjung asing.


Kawasan ini telah ditetapkan sbg wildreservaat oleh Pemerintah Belanda and Kesultanan Kutai . Tujuan dr penetapan ini agar keanekaragaman hayati and spesies-spesies satwa and tumbuhan unik yg ada diwilayah ini dapat lestari.  Landscape Kutai telah bertahan hampir satu abad, and kini tersisa hanya pada spot kecil yg kini dikenal sbg Taman Nasional Kutai (TNK). Eksistensi Taman Nasional Kutai (TNK) adalah harapan terakhir dr warisan paling berharga dr alam tropis digaris katulistiwa Borneo bagian Timur.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Orangutan diketahui banyak menghuni kawasan ini sbg satu-satunya habitat yg dilindungi di Kalimantan Timur. Taman Nasional Kutai (TNK) dipercaya sbg kawasan pelarian bagi satwa liar termasuk orangutan yg kehilangan habitat akibat perubahan-perubahan landscape disekitarnya. Mereka begitu menderita ketika terjadi kebakaran hutan hebat tahun 1982/1983 and kebakaran hutan tahun 1997/1998. Namun seberat apapun kondisinya, orangutan diketahui mempunyai kemampuan akn adaptasi yg baik dr kondisi krisis tersebut.

Orangutan merupakn salah satu jenis primata yg ada di Taman Nasional Kutai (TNK). Nama “orangutan” sendiri berasal dr bahasa Melayu yaitu “orang hutan”. Di daerah Sumatra and Kalimantan, sebagian orang mengenalnya dgn nama ‘mawas'. Di Habitatnya, orangutan memakn buah-buahan, daun, kulit batang, serangga and madu. Orangutan berperan dalam penyebaran biji-bijian dalam ekosistem hutan yg kompleks. Aktivitas manusia and kebakaran hutan telah menyebabkan terganggunya habitat orangutan sehingga populasinya mengalami penurunan dr tahun ke tahun. IUCN memasukkan orangutan dalam status endangered atau genting (terancam punah and tak dapat bertahan tanpa perlindungan yg ketat untuk menyelamatkan kelanjutan hidupnya). Di Taman Nasional Kutai (TNK), orangutan dapat dijumpai di Sangkima and Prevab. Berdasarkan survei tahun 2005, kepadatan orangutan berkisar antara 0,66 - 1,267 individu/ km. 

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Bekantan merupakn jenis primata dr famili Cercopithecidae. Bekantan jantan memiliki ciri khas berupa hidung yg panjang, sehingga satwa ini sering juga disebut kera belkamu. Satwa yg termasuk dalam kategori Convention on International Trade in Enandgered Species (CITES)-Appendix I ini hidup secara berkelompok antara 10 - 15 ekor. Kelompok ini dipimpin oleh seekor pejantan yg ditkamui dgn hidungnya yg paling besar. Pejantan ini akn selalu menjaga anggota kelompoknya. Ketika bahaya datang, pemimpin kelompok ini akn berteriak nyaring and dalam sekejap seluruh anggota kelompoknya akn lari meninggalkan lokasi and naik ke pohon yg tinggi.

Bekantan hidup di hutan mangrove atau di sepanjang sungai. Maknan bekantan adalah pucuk-pucuk daun, terutama daun Rhizophora sp and Sonneratia sp. Selain itu, mereka juga memakn kumbang and ulat. Di Taman Nasional Kutai (TNK), satwa ini dapat ditemui di Teluk Kaba, Sungai Sangkima and Teluk Lombok. Namun karena aandya aktivitas manusia di sekitar hutan mangrove, satwa ini semakin sulit untuk dijumpai.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Beruk adalah primata yg mempunyai panjang ekor 1/3 dr panjang baandnya ini termasuk ke dalam kelompok binatang yg aktif di siang hari atau disebut dgn satwa “diurnal”. Primata ini memiliki beberapa nama daerah spt bangkuy and kera ekor babi. Satwa ini biasanya hidup berkelompok hingga mencapai 15 -40 ekor per kelompok. Maknan primata ini meliputi buah-buahan yg masak juga hewan vertebrata and invertabrata kecil. Di Taman Nasional Kutai (TNK), beruk dapat dijumpai hampir di seluruh kawasan. Bahkan di kawasan wisata Sangkima and Prevab, beruk sering terlihat oleh pengunjung. Jenis primata yg sering turun ke tanah ini termasuk ke dalam salah satu satwa yg dilindungi oleh Pemerintah Indonesia.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Kancil (Tragulus javanicus) merupakn jenis mamalia dr famili Tragulidae. Kancil memiliki tubuh yg kecil and hidup di hutan atau semak-semak di tepi sungai. Maknan kancil terdiri dr buah-buahan and dedaunan. spt mamalia lain, satwa kecil ini juga memiliki taring. Taring kancil biasa digunakn sbg senjata ketika menghadapi musuh atau menghadapi lawan ketika memperebutkan kancil betina.

Satwa yg dilindungi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 301/Kpts-II/1991 ini agak sulit ditemui. Taman Nasional Kutai (TNK), keberadaan satwa ini lebih sering diketahui dr jejak kaki yg ditinggalkannya. Daerah Teluk Kaba merupakn salah satu lokasi dimana jejak kancil sering dijumpai.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Rusa sambar/ Cervus unicolor di Kalimantan lebih dikenal dgn sebutan “payau”. Selain di Kalimantan, Rusa sambar dapat pula dijumpai di Sumatera and Sulawesi. Binatang ini sangat memerlukan tempat hidup yg banyak sumber air. Oleh sebab itu, biasanya mereka hidup di paandg rumput tepi sungai atau rawa-rawa di hutan. Binatang bertanduk indah ini memiliki ukuran tubuh yg dapat mencapai tinggi 160 cm dgn berat baand mencapai 300 kg. Karena keindahan tanduk and juga dagingnya yg merupakn sumber lemak bagi masyarakat pedalaman, binatang ini banyak diburu. Akibat dr kegiatan yg bertentangan dgn hukum ini, populasi satwa rusa sambar di habitat alaminya semakin menurun. Ini bisa dilihat dr hasil inventarisasi tahun 1985 yg menunjukkan bahwa rusa sambar bisa dijumpai di hampir seluruh kawasan Taman Nasional Kutai (TNK). Namun, saat ini kondisinya sudah sangat jauh berbeda. Rusa sambar sangat sulit dijumpai.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Hutan di Taman Nasional Kutai (TNK) juga merupakn rumah bagi berbagai jenis bajing termasuk bajing kerdil telinga hitam. Mamalia kecil ini biasa hidup di pohon and aktif pada siang hari. Salah satu lokasi yg cocok untuk melihat aktivitas bajing kerdil ini adalah di kawasan wisata Sangkima. Bajing ini biasanya sering terlihat di pohon-pohon sekitar pos penjagaan wisata. Sampai saat ini, informasi tentang keberadaan bajing kerdil ini masih terbatas. Belum ada survei and kajian ekologi tentang bajing yg hanya mempunyai panjang tubuh berkisar 6 - 7 cm.

Taman Nasional Kutai (TNK) memiliki kekayaan jenis burung yg cukup tinggi. Tercatat sekitar 330 jenis burung yg tergabung dalam 49 famili menghuni kawasan hutan di Taman Nasional Kutai (TNK). Sebanyak 35 jenis burung di antaranya merupakn burung-burung yg terdapat dalam daftar CITES. Penelitian mengenai burung di Taman Nasional Kutai (TNK) masih sangat kurang. Salah satu jenis burung yg menjadi daya tarik kawasan ini and masih dapat dijumpai adalah burung enggang (Buceros spp and Anthracoceros spp).

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Burung enggang memiliki ukuran tubuh cukup besar, yaitu sekitar 100 cm. Ada sekitar 8 jenis burung enggang di Taman Nasional Kutai (TNK) dgn warna tubuh perpaduan antara hitam and putih, seandgkan warna paruhnya merupakn perpaduan warna kuning, jingga and merah. Ciri khas dr burung ini adalah aandya cula paruh (casque) yg tumbuh di atas paruhnya. Burung yg maknannya buah ara ini mempunyai tingkah laku bersarang yg khusus.

Di Taman Nasional Kutai (TNK), burung enggang sering terlihat melintas sendirian atau berpasangan di kawasan wisata Sangkima atau Prevab. Kepakn sayapnya yg cukup keras menjadikan kehadiran burung ini dapat diketahui, sekali pun dr dasar hutan. Namun dgn aandya penebangan hutan yg tak terkendali akn menyebabkan burung ini semakin sulit ditemui.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Potensi satwa amfibi and reptil di Taman Nasional Kutai (TNK) sampai saat ini masih belum banyak dieksplorasi. Informasi yg ada baru berdasarkan perjumpaan. Salah satu jenis reptil yg pernah dijumpai adalah kura-kura kaki gajah (Manouria emys). Kura-kura air tawar ini pertama kali dilaporkan pada bulan Juni 2007 di sekitar kawasan wisata Sangkima. Penampakn kura-kura ini menyerupai kura-kura Galapagos. Buah-buahan and mungkin juga binatang lunak yg bergerak lambat merupakn maknan dr kura-kura air tawar ini. Selain kura-kura kaki gajah, jenis-jenis amfibi and reptil spt katak, ular Phyton spp, tokek pernah dilaporkan berada di wilayah hutan Taman Nasional Kutai (TNK).

Satwa yg termasuk dalam filum Arthropoda atau lebih dikenal dgn sebutan serangga merupakn salah satu kekayaan fauna yg terdapat di Taman Nasional Kutai (TNK). Beberapa kelas di dalam filum Arthropoda di antaranya adalah kelas laba-laba, kelas kaki seribu, kelas kelabang and kelas insekta. Selama ini belum pernah ada penelitian mengenai serangga di Taman Nasional Kutai (TNK). Namun, beberapa jenis serangga dapat dgn mudah dijumpai di kawasan ini, spt laba-laba, beberapa jenis kaki seribu, and berbagai macam insekta terbang, spt capung and capung jarum, belalang, serangga tongkat and serangga daun, kepik, kumbang, kupu-kupu and ngengat, nyamuk and tawon serta semut.

Taman Nasional Kutai (TNK)adalah surga bagi tumbuhan. Lebih dr 900 jenis tumbuhan di Taman Nasional Kutai (TNK) telah teridentifikasi. Walaupun demikian, masih banyak yg belum diketahui atau dikaji kegunaan and manfaat dr tumbuhan yg ada.

FLORAKekayaan flora yg ada di Taman Nasional Kutai (TNK) merupakn “bank benih and materi genetik” yg sangat penting untuk menunjang Ilmu pengetahuan and teknologi terutama biandg pengobatan, pertanian and biandg lainnya.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Pohon ulin merupakn tumbuhan khas Taman Nasional Kutai (TNK) karena statusnya yg merupakn komponen penting penyusun sebagian tipe hutan di Taman Nasional Kutai (TNK). Tumbuhan ini dapat dijumpai dgn mudah di beberapa lokasi spt di kawasan wisata Sangkima and Prevab. Pohon ulin juga menjadi pilihan utama bersarangnya orangutan. Berdasarkan beberapa hasil survei di Taman Nasional Kutai (TNK) terungkap bahwa sarang orangutan paling banyak ditemukan di pohon ulin dibandingkan jenis-jenis pohon lainnya. Selain itu, pohon ulin merupakn maskot kebanggaan dr kawasan wisata Sangkima. Hal ini dikarenakn pada daerah tujuan wisata tersebut terdapat pohon ulin raksasa yg berdiameter 2,47 meter.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Selain ulin, tumbuhan dipterokarpa juga merupakn bagian penting penyusun berbagai tipe hutan di Taman Nasional Kutai (TNK). Pohon dipterokarpa dapat dijumpai dgn mudah di kawasan wisata Sangkima and Prevab. Secara umum, dipterokarpa terdiri atas 13 genus, and 8 genus diantaranya terdapat di Taman Nasional Kutai (TNK). dr beberapa jenis dipterokarpa yg ada di Taman Nasional Kutai (TNK), ada 13 jenis yg tergolong “sangat terancam punah (critically enandgered species)” menurut The International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN). Shorea johorensis and S. smithiana adalah dua diantaranya.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Mangrove merupakn tumbuhan yg hidup di pantai and muara sungai yg dipengaruhi pasang surut air laut. Tumbuhan ini memiliki kemampuan beradaptasi dgn kondisi tanah yg tergenang, kadar garam tinggi and kondisi tanah yg kurang stabil. Untuk menopang batangnya, beberapa jenis mangrove memiliki akar lutut and akar tunjang. Seandgkan untuk memenuhi kebutuhan oksigen bagi akar, ada jenis mangrove yg memiliki akar nafas. Kumpulan berbagai jenis mangrove akn membentuk formasi hutan mangrove yg berfungsi sbg penahan abrasi and intrusi air laut, tempat berkembang biak biota laut and tempat hidup berbagai jenis binatang, spt bekantan and buaya.

Di Taman Nasional Kutai (TNK), formasi hutan mangrove terdapat di sepanjang pantai Selat Makassar. Hutan mangrove yg masih utuh dapat dijumpai di pesisir Desa Teluk Pkamun hingga Teluk Kaba, seandgkan di pesisir Desa Sengata Selatan kondisinya sangat rentan terhadap degradasi. Paling tak terdapat 13 jenis mangrove di Taman Nasional Kutai (TNK), yaitu bakau/polo, tancang, pudek/pedada, nita and tengar.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Pasakbumi (Eurycoma longifolia) merupakn tumbuhan perdu. Tumbuhan yg dikenal juga dgn nama tongkat ali ini bisa tumbuh mencapai tinggi 20 m. Tumbuhan ini berkembang biak dgn biji. Ciri khas dr tumbuhan ini adalah jika daunnya diremas, maka tak akn hancur and akn kembali spt semula. Hal ini disebabkan daun pasakbumi mengandung serat sutera. Selain itu, meskipun tumbuhan ini masih kecil, seringkali sulit untuk dicabut, karena akarnya sangat panjang. Tumbuhan ini menyebar hampir di seluruh kawasan Taman Nasional Kutai (TNK). Akar pasakbumi dikenal berkhasiat sbg obat kuat bagi laki-laki. Namun di samping itu, ternyata pasakbumi juga memiliki khasiat lain, di antaranya sbg obat malaria, tumor, leukemia, sakit kepala, luka and raandg. Biasanya akar pasak bumi dibuat berbentuk cangkir untuk diisi dgn air yg akn diminum sbg obat.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Keunikan and keindahan bunga tumbuhan ini telah menarik perhatian banyak orang. Anggrek dikenal sbg tanaman hias yg mudah dikembangkan. Dilihat dr tempat tumbuhnya, anggrek ada yg hidup di tanah (anggrek tanah) ada juga yg menempel pada pohon sbg epifit. Sampai saat ini tercatat sebanyak 13 jenis anggrek di Taman Nasional Kutai (TNK). Dendrobium anosmum and Grammatophyllum speciosum adalah beberapa jenis anggrek yg pernah ditemui pada saat inventarisasi anggrek di tahun 2007. Anggrek-anggrek tersebut umumnya dijumpai tumbuh sbg epifit di daerah tajuk pohon.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Tumbuhan pemangsa serangga ini biasa hidup pada daerah-daerah terbuka di habitat yg miskin unsur hara dgn kelembaban udara cukup tinggi. Hutan hujan tropis dataran rendah, hutan pegunungan, hutan gambut, hutan kerangas and gunung kapur adalah sederetan habitat asli kantung semar. Kantung semar memiliki keunikan tersendiri untuk memenuhi asupan nitrogen bagi pertumbuhannya. Tumbuhan ini dapat menarik perhatian serangga dgn cara mengeluarkan aroma tertentu dr organ berbentuk kantong yg dimilikinya. Bila serangga sampai di sekitar bibir kantong, maka akn tergelincir ke dalam kantong karena sifat permukaan kantong yg licin. Di dalam organ kantong, terdapat suatu jenis cairan yg dapat menyebabkan serangga tak dapat keluar and akhirnya mati.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Tumbuhan paku sangat mudah dijumpai di kawasan hutan Taman Nasional Kutai (TNK). Tumbuhan yg berkembang biak dgn spora ini dapat ditemui di berbagai macam habitat and substrat (media tumbuh) mulai dr hutan bakau sampai tajuk pohon-pohon tinggi. Tumbuhan ini ada yg tumbuh di tanah (terestris), namun ada juga yg tumbuh sbg epifit (tumbuh di bagian batang atau ranting pohon). Berdasarkan kemampuan tumbuh di lokasi dgn intensitas cahaya yg berbeda, tumbuhan paku terbagi menjadi dua kelompok yaitu tumbuhan daerah terbuka and tumbuhan daerah ternaungi.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Rotan yg tergolong kelompok liana (tumbuhan pemanjat) bisa dijumpai dgn mudah di kawasan wisata Sangkima and Prevab, khususnya di daerah sekitar sungai. Di kawasan wisata Sangkima, misalnya, rotan terlihat di kiri atau kanan jalur wisata yg dekat dgn jalan masuk jalur wisata tersebut. Walaupun demikian, potensi rotan yg ada di Taman Nasional Kutai (TNK) belum sepenuhnya diketahui. Data yg ada saat ini hanya berasal dr kegiatan survei tumbuhan secara umum and kegiatan eksplorasi singkat yg dilakukan staf Balai Taman Nasional Kutai (TNK). Beberapa jenis rotan yg ada di Taman Nasional Kutai (TNK), misalnya Korthalsia ferox, K. paucijuga and Daemonorops sabut.

http://cakrawalanegeriku.blogspot.com/
Kawasan hutan Taman Nasional Kutai (TNK) menyimpan potensi kekayaan jenis lumut (bryophyta) yg sampai saat ini belum dieksplorasi. Tumbuhan ini dapat ditemukan di berbagai tipe habitat mulai dr lantai hutan sampai tajuk pohon. Dikarenakn ukurannya yg sangat kecil, lumut sering dianggap bukan komponen penting dalam keanekaragaman hayati. Padahal peran lumut dalam ekosistem sangat nyata, antara lain menyediakn habitat bagi invertebrata kecil, berperan dalam siklus nutrien, menjaga kelembaban udara melalui kemampuan mereka menyimpan air dalam jumlah tertentu and membantu akumulasi humus. Diperkirakn ada sekitar 10 jenis lumut tumbuh mulai dr pangkal batang sampai dua meter di atasnya. Lumut hati Heteroscyphus argutus and lumut daun Leucobryum sp adalah beberapa jenis lumut penghuni ulin raksasa. Mereka tumbuh dgn membentuk koloni and menjadi ornamen unik di pohon atau batang.

Akses Dan Cara menuju Lokasi Objek Wista Taman Nasional Kutai (TNK)

Untuk masuk TNK, pengunjung terlebih dahulu harus melapor ke aula TNK di jalan Awang Long, Pos I, Bontang atau Divisi Pengelolaan Taman Nasional Sangatta di jalan Dr Sutomo No. S-27 Swarga Bara, Sangatta untuk mendapatkan Izin Masuk ke Kawasan Konservasi (SIMAKSI).

Resor Sangkima dapat diakses oleh mobil atau minibus dr rute Bontang-Sangatta. Untuk mengunjungi resor Prevab, bagi mereka yg menggunakn perahu motor dr Sangatta (jembatan Pinang selama 1 jam perjalanan) atau dr Pangkalan Kabo Jaya (dermaga Papa Charlie), desa Swarga Bara akn memakn waktu  20 menit melalui sungai.