Wednesday 8 April 2015

Kuliner Gammi Bawis Bontang kuala

Sobat setia corner, pernahkah kalian mendengar atau setidaknya tau dengan ikan bawis. untuk sekedar informasi ikan bawis adalah ikan air laut atau ikan yang hidup di perairan laut (air asin) dan uniknya ikan bawis ini hanya ditemukan diperairan laut yang letaknya dekat dengan kota bontang, jadi bila kalian ingin mencoba mencicipi rasa gurih ikan bawis ini, kalian dapat mengunjungi kota bontang. Tetapi mungkin bagi sebagian kalian sobat corner masih sedikit asing dengan kota bontang.

Baiklah saya jelaskan sedikit agar kalian mengetahui tetang kota ini, Bontang adalah kota yang terletak paling timur (ujung timur) di provinsi kalimantan timur, dengan luas wilayah sekitar 497 km2 kota ini dibagi menjadi 3 kabupaten kota (kecamatan) yaitu: kecamatan bontang selatan, kecamatan bontang utara, dan kecamatan bontang barat. Di dalam kota Bontang sendiri, terdapat 2 perusahaan besar dan perekonomian kota ini bertopang pada kedua perusahan yang menbuat kota ini dapat berkembang pesat dan maju, yaitu PT. Badak LNG dan PT. Pupuk Kaltim, yang mana mayoritas penduduknya berkerja pada kedua perusahaan tersebut dan memiliki rumah dinas dan fasilitas lengkap didalam kompleks perusahaan serta memiliki penjagaan keamanan yang ketat dan tidak sembarangan orang boleh masuk ke dalam kompleks perusahaan ataupun perumahan pada area kedua perusahaan tersebut, jadi untuk kalian atau bila sobat berkunjung ke kota bontang jangan heran bila terlihat sepi dan hanya dapat melihat sebagian masyarakat minoritas saja.

Berlajut sobat, pada hal yang saya ingin bagikan yaitu mengenai masakan yang khas pada kota bontangIkan Bawis Sambal Gami. Untuk sobat corner yang hobi makan dan gemar dengan hidangan ikan laut, tentu wajib mencoba memcicipi ikan bawis khas kota Bontang ini, apalagi dengan hidangan sambal gami yang membuat lidah anda bergoyang. kenapa lidah pasti bergoyang, karena sambal gami disajikan pada hotplate (keterangan: sebenarnya sih bukan hot plate seperti kita memakan hidangan steak, tetapi adalah cobek yang terbuat dari tanah liat dibakar atau dipanaskan dan kemudian sambal di tuangkan pada cobek berserta hidangan ikan lengkap dengan bumbu rempah-rempah masakan yang melimpah). untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

gambar ikan bawis sambal gami:


Untuk dapat menikmati hidangan ini tidak sulit, karena hampir semua restoran yang ada di kota bontang yang menjual hidangan laut pasti menyediakan menu ini. seperti pada daerah bontang koala atau pasar rawa indah yang teletak di tanjung laut. nah sobat corner, saya bekesempatan menyicipi hidangan ini di daerah pasar rawa indah, uniknya di sini sobat sebelum kalian membeli hidangan ini kalian boleh memilih ikan dan melakukan transaksi tawar menawar layaknya seperti dipasar. tetapi perlu di ketahui sobat restoran hanya buka pada malam hari baik di pasar rawa indah atau bontang kuala.

gambar bermacam-macam ikan laut yang ditawarkan:


Di pasar rawa indah ini terdapat banyak restoran yang menawarkan beragam aneka masakan hidangan ikan laut (seafood) seperti: ikan bawis, ikan baronang, ikan kakap merah, ikan kerapu, cumi-cumi, udang, kerang dan hidangan ikan laut lainnya. untuk pembelian disini hitungannya adalah porsi jadi bila sobat memilih lauk disini artinya kalian membelinya per porsi dan lengkap dengan lalapan dan juga sambal gami, kalian bisa request lauk yang kalian beli untuk dimasak sesuai pesanan seperti di bakar, digoreng dengan variasi bumbu kuning, bumbu merah, atau asam manis. tetapi untuk nasi dibeli terpisah. Harga hidangan tidak terlalu mahal yaitu untuk lauk antara harga 30 ribu rupiah sampai 70 ribu rupiah per porsi, untuk harga nasi adalah 10 ribu rupiah per bakul (untuk 2 orang), dan minuman seperti es teh 5ribu rupiah gelas kecil dan 10ribu rupiah gelas besar. ouw ada juga sayuran lain seperti cah kangkung, kuah bening, dan lainnya.

No comments:

Post a Comment

tambahkan komentar anda